Ternyata Ini 5 Manfaat Luar Biasa Buah Bit Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bagi sebagian besar orang mungkin sudah mengetahui bahwa akar dan buah bit (link ke ) memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jenis tanaman yang satu ini sebenarnya berasal dari Mediterranean dan telah digunakan oleh orang sejak zaman dahulu sebagai obat kuat yang terbukti ampuh khasiatnya. Buah tersebut memiliki warna khas merah keunguan yang terkadang juga digunakan sebagai pewarna makanan alami, bahkan kandungan sukrosa yang terdapat didalam buah ini juga sering dimanfaatkan sebagai bahan utama membuat gula.

Akar ataupun buah yang memiliki ciri khas warna merah keunguan tersebut memiliki kandungan mineral dan beragam vitamin seperti kalsium, asam folat, glisin, magnesium, vitamin C, Fosfor, Lutein dan Flavonoid atau antisianin. Bahkan, buah yang satu ini juga memiliki kandungan kalori yang terbilang rendah dan bebas kolesterol, sehingga selain dapat dijadikan bahan makanan untuk dikonsumsi, buah yang satu ini juga memiliki 5 manfaat luar biasa seperti di bawah ini, antara lain:

1. Menjaga kesehatan bayi didalam rahim.

Karena memiliki kandungan vitamin B19 yang tinggi, buah ini sangat baik di konsumsi oleh ibu hamil yang dapat membantu perkembangan tulang belakang dan memenuhi asupan folat sehingga akan mengurangi resiko bayi terlahir cacat.

2. Memelihara kesehatan jantung.

Perlu Anda ketahui bahwa kandungan serat tinggi yang terdapat di buah merah keungguan tersebut sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Selain itu, kadar betaninnya juga mampu meminimalisir terjadinya segala jenis gangguan yang dapat terjadi pada organ jantung.

3. Memelihara kesehatan liver.

Khasiat selanjutnya yang terdapat dalam buah bit adalah ampuh digunakan untuk memelihara dan menjaga organ hati dari berbagai jenis penyakit berbahaya.

4. Sebagai anti kanker.

Siap sangka betasianin yang terdapat didalam buah ini dipercaya ampuh sebagai penangkal berbagai jenis kanker seperti kanker kulit, kanker prostat, payudara dan usus besar.

5. Mengatasi gangguan pernafasan.

Selain dapat digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C yang terdapat didalam buah tersebut juga dinilai ampuh untuk mencegah dan mengobati sakit asma sekaligus dapat berperan sebagai antioksidan dan dapat menangkal radikal bebas.

Kandungan karbohidrat yang terdapat didalam buah yang satu ini banyak dimanfaatkan untuk menambah energi dan stamina khususnya bagi sebagian orang yang memiliki jenis aktifitas berat seperti olahragawan maupun atlet. Hal ini dikarenakan ketika tubuh dapat memenuhi asupan karbohidrat dan gizi seimbang yang semuanya hampir terdapat didalam buah tersebut, maka semua organ dapat bekerja dan berfungsi dengan normal tanpa perlu ada yang dikhawatirkan.

Cara konsumsi buah yang satu ini juga terbilang sangat mudah, Anda hanya perlu mengupasnya pada bagian kulit tipis, kemudian dipotong sesuai selera. Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung dengan menambahkan ke dalam salad atau sup buah, maupun memasukan ke dalam acar. Atau bagi Anda pecinta jus, buah tersebut juga sangat cocok dijadikan olahan jus segar tanpa perlu campuran bahan lain.

Karena berbagai manfaat baik termasuk 5 keunggulan luar biasa seperti di atas, Anda tetap harus memiliki aturan saat mengkonsumsi buah bit seperti tidak disarankan berlebihan. Hal ini dikarenakan didalam buah tersebut juga terdapat kandungan oksalat yang jika terlalu banyak masuk ke dalam tubuh, maka dapat mengkristalkan cairan yang ada. Oleh sebab itu, bagi Anda atau para penderita jenis penyakit ginjal tertentu dan empedu sebaiknya tidak mengkonsumsi buah ini secara berlebihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *