Mau Pesan Tiket Kereta Api? Ketahui Dulu 5 Kelasnya!

Anda mau memesan tiket kereta api untuk liburan ataupun urusan pekerjaan? Jika iya, maka Anda mesti mengenal beberapa kelas kereta api yang disediakan oleh PT KAI. Ya betul sekali, setiap kelas memiliki karakteristik dan spesifikasi yang berbeda, sehingga Anda mesti jeli dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Misalnya karena kurang informasi, Anda memesan tiket eksekutif, padahal dengan memesan kelas bisnis ‘pun kebutuhan Anda sudah tercukupi. Nah langsung saja, berikut ini kami akan mengulas 5 kelas kereta api yang disediakan oleh PT KAI!

  • Kelas Ekonomi

Jika budget Anda pas-pasan, maka opsi kelas kereta api yang paling cocok buat Anda yaitu kelas Ekonomi. Ya, kelas Ekonomi merupakan kelas kereta api yang paling terjangkau. Namun sesuai harganya, kapasitasnya sangat banyak yaitu 106 orang. Jadi selain kurangnya privasi, Anda juga mesti berdesak-desakan dengan penumpang yang lain. Selain itu, bangku yang disediakan ‘pun sangat apa adanya. Di kelas Ekonomi ini Anda akan menemukan bangku sambung dengan senderan tegak dan busa yang sangat minimalis. Namun hari ini, kelas Ekonomi sudah dilengkapi dengan AC dan stop kontak. Jadi Anda bisa maen game online sepuasnya dengan nyaman dan aman. O ya, dibanding kelas lainnya, kelas Ekonomi ini memiliki tujuan stasiun yang paling lengkap.

  • Kelas Bisnis

Jika Anda punya budget yang agak banyak, sebaiknya pilih kelas Bisnis. Dari segi fasilitas, ada beberapa hal yang membuat kelas Bisnis ini jauh lebih nyaman dibanding kelas Ekonomi. Pertama yaitu dari bangkunya, dimana kelas Bisnis ini memiliki bangku individu dalam susunan dua baris. Jadi ada sedikit privasi, antara Anda dengan orang yang ada disamping Anda. Selain itu kapasitas penumpang dalam satu gerbong tidak terlalu banyak yaitu 64 penumpang. Itu artinya dalam satu gerbong, terdapat space atau jarak yang lumayan lega, sehingga tentunya dapat menambah kenyamanan. Kelas bisnis ini juga sudah dilengkapi dengan AC dan stop kontak.

  • Kelas Eksekutif

Jika Anda merasa kelas Bisnis belum terlalu nyaman, maka Anda bisa memesan tiket kereta api kelas Eksekutif. Ya betul sekali, jika Anda memesan kelas Eksekutif, maka dipastikan Anda bakalan betah berlama-lama didalamnya. Terdapat beberapa perbedaan antara kelas Bisnis dan Kelas Eksekutif, khususnya dari bangku penumpang. Nah bangku yang ada di kelas Eksekutif sangat empuk dan bisa dimiringkan 50 derajat, persis seperti didalam pesawat terbang. Selain itu kapasitas penumpangnya hanya 50 penumpang, jadi terasa sangat lapang.

  • Kelas Prioritas

Sebelum tahun 2017, kelas Eksekutif merupakan kelas kereta api yang paling mewah. Namun pada tahun 2017 yang lalu, PT KAI merilis kelas baru yang paling mewah yaitu kelas Prioritas. Nah berbagai fasilitas khas bintang 5 bisa Anda temukan seperti adanya televisi untuk masing-masing penumpang dan juga menu makanan high-class.

  • Kelas Sleeper

PT KAI terus meningkatkan pelayanannya dari tahun ke tahun, hingga pada tahun 2018 yang lalu akhirnya meluncurkan kelas paling mewah bernama kelas Sleeper. Nah kelas Sleeper ini hampir sama dengan kelas Bisnis yang ada pada pesawat, dimana terdapat sekat dan juga bangkunya bisa dimiringkan hingga 170 derajat, sehingga penumpang bisa tidur dengan nyenyak.

Nah itulah beberapa kelas kereta api yang disediakan oleh PT KAI. Pastikan Anda memesan kelas kereta api yang paling sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *